Waspada, 5 Penyakit Ini Sering Menimpa Wanita

Waspada, 5 Penyakit Ini Sering Menimpa Wanita thumbnail
kumparan.com

Laki-laki dan perempuan tidak hanya berbeda dari segi jenis kelamin, namun dari perbedaan kondisi biologisnya pun mempengaruhi kondisi kesehatan.

Karena ada beberapa penyakit yang mudah menyerang perempuan. Hal ini sudah dibuktikan oleh studi kesehatan yang mengatakan bahwa ada beberapa penyakit yang menyerang perempuan.

Hal itu disebabkan oleh perubahan hormon, komposisi tubuh dan gangguan pola makan. Sehingga kondisi tubuhnya dan kesehatannya jauh lebih rentan terkena penyakit.

Akan tetapi ada beberapa penyakit yang tidak akan menyerang perempuan dan hanya menyerang laki-laki. Inilah 5 penyakit yang sering dialami oleh perempuan.

1. Penyakit Lupus


Penyakit lupus memang bisa menyerang siapa saja namun 90% menyerang perempuan usia produktif. Penyakit lupus dengan gejala nyeri otot, sakit bagian sendi, ruam wajah, kelelahan juga nyeri dada dan hal ini berlangsung cukup lama.

Penyakit tersebut dipicu oleh kadar hormon estrogen di masa subur, juga faktor lingkungan.

2. Depresi


Menurut penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention, di Amerika Serikat mengatakan bahwa perempuan memiliki risiko dua kali lebih tinggi mengalami depresi dibanding dengan laki-laki.

Penyebabbnya adalah perbedaan fisiologis antara tubuh perempuan dan pria yaitu perubahan hormon setiap bulan, setelah melahirkan, masa menopause selama itu pula akan mempengaruhi mood hingga menyulut emosi.

3. Penyakit Menular Seksual


Perempuan cenderung memiliki penyakit menular seksual karena lapisan pada organ intim cenderung lebih lembut dan tipis dibading dengan organ intim laki-laki.

Sehingga bakteri dan virus akan mudah menembus masuk ke dalam vagina. Sehingga berdampak seperti radang panggul, klamidia, serta gonore pun meningkat resikonya.

4. Peradangan Sendiri


Perempuan memiliki risiko empat kali lipat mengalami peradangan sendiri dibanding laki-laki. Karena perempuan tersusun dari sendiri yang lebih fleksibel dan lebih elastis ketimbang laki-laki.

Karena kadar estrogen dalam tubuhnya yang semakin menurun, dan hormon tersebut sangat berperan penting melindungi tulang dan sendi.

5. Gangguan Saraf


Gangguan saraf biasanya terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang selaput pelindung saraf dan tulang saraf belakang.

Menurut penelitian yang dilakukan di Johns Hopkins University mengatakan jumlah lemak didalam tubuh perempuan bisa memicu timbulnya berbagai peradangan sehingga akan menjadi penyakit.