Penelitian: Pernikahan Akan Awet Jika Suami dan Istri Masing-masing Punya Gaji Sepert Ini

Penelitian: Pernikahan Akan Awet Jika Suami dan Istri Masing-masing Punya Gaji Sepert Ini thumbnail
suara.com

Dalam rumah tangga bukan hanya kecocokan kepribadian atau kecocokan pandangan yang membuat hubungan langgeng.

Namun masih ada banyak faktor yang menyebabkan pernikahan bisa bertahan atau tidak salah satunya adalah gaji suami dan istri.

Banyak yang beranggapan bahwa gaji suami harus lebih besar dari gaji istri.

Meski tugas suami sebagai tulang punggung keluarga namun penelitian yang dilakukan oleh American Sociological Review 2016 dengan judul ‘Money, Work, and Marital Stability: Assessing Change in the Gendered Determinants of Divorce’ mengatakan bahwa pernikahan akan mengalami perceraian lebih tinggi bahkan mencapai 33% jika penghasilan istri lebih besar dari suami.

Dijamin Bahagia Jika Gaji Suami dan Istri Seperti Ini


Penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 6.300 pasangan yang dilakukan oleh profesor sosiologi dari Universitas Harvard menemukan bahwa pekerjaan suami yang tidak stabil menjadi pemicu perceraian.

Sehingga kombinasikan saja apa yang mungkin terjadi jika suami berpenghasilan rendah dan pekerjaannya tidak menentu.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Demography oleh Patrick Ishizuka menemukan bahwa suami-istri memiliki penghasilan setara atau lebih rendah maka hubungannya cenderung bertahan lama.

Sehingga kesimpulannya adalah, jika ingin pernikahan langgeng dan bahagia penting memiliki perbandingan antara gaji suami dan istri.