Penelitian: Minum Kopi Bikin Panjang Umur dan Mencegah Kematian Dini

Penelitian: Minum Kopi Bikin Panjang Umur dan Mencegah Kematian Dini thumbnail
idntimes.com

Masyarakat Indonesia kebanyakan sangat menyukai kopi. Dan kabar baiknya bagi penikmat kopi ini ternyata sangat baik karena minum kopi secara teratur bisa menurunkan resiko kematian khususnya yang memiliki penyakit serangan jantung.

Orang dewasa yang sehat pun memiliki manfaat dari minum kopi, diantaranya bisa memperpanjang umur.

Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi seklai dalam seminggu bisa membantu mencegah risiko kematian dini. Melansir laman Insider, orang yang minum kopi minimal satu cangkir dalam seminggu akan mengalami kematian rendah sampai 14%. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan tanggal 4 Februari 2021 di Stroke, jurnal American Heart Association.

Para peneliti dari Osaka University, Universitiy of Tsukuba, dan Hokkaido Universtity di Jepang memeriksa data dari sekitar


46.000 orang Jepang dewasa. Ia me;lacak kebiasana minum teh dan kopi serta dampaknya bagi kesehatan mereka.

Ternyata mereka yang minum kopi secangkir setiap pekan berisiko 14% lebih rendah mengalami kematian dan bagi para penyintas serangan jantung dampaknya lebih besar, yaitu mengurangi risiko kematian dini sebanyak 22%.

Kelompok yang tampaknya tidak mendapatkan manfaat dari minum kopi adalah orang yang memiliki riwayat stroke.

Para peneliti menemukan mereka yang mendapat lebih banyak manfaat dari minum teh hijau sebanyak tujuh cangkir perhati bisa mengurangi risiko kematian dini mereka sebanyak 62%.

Sedangkan orang yang tidak meiliki riwayat stroke, teh hijau tampaknya tidak memberi banyak perbedaan pada kesehatan.

Kopi Tanpa Susu dan Gula


Menurut Dr. Hiroyasu Iso, penulis bersama penelitian tersebut dan profesor kesehatan publik di Osaka University melalui sebuah rilis media.Mengatakan bahwa cara yang paling sehat untuk menyiapkan minuman ini tanpa tambahan gula yang tidak penting.

Hasil penelitian berdasarkan pengamatan: hanya dengan minum teh atau kopi saja bukan sau-satunya cara meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.

Namun faktor utamanya adalah kopi atau teh yamg tidak diberi tambahan gula. Sehinga inilah yang memberi manfaat besar bagi orang yang meminumnya.

Karena kopi kaya akan nutrisi sehat dengan kadar antioksidan yang tinggi yang bisa menurunkan inflamasi dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selama dikonsumsi dalam kondisi yang cukup, minum kopi bisa memberi dampak positif pada kesehatan tubuh.