Bayam Tidak Diolah Dengan Baik? Siap-siap Menderita 6 Penyakit Ini

Bayam Tidak Diolah Dengan Baik? Siap-siap Menderita 6 Penyakit Ini thumbnail
hellosehat.com

Salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia adalah sayur bayam. Karena sayur bayam kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat.

Sayur bayam sangat segar dan memiliki kaya akan gizi, akan tetapi dibalik semua itu memiliki dampak buruk yang mengerikan jika tidak diolah dengan baik.

Jangan membiarkan sayur bayam terlalu lama disimpan, menurut ahli gizi jangan mengkonsumsi bayam yang sudah di diambkan lebih dari 5 jam.

Konsumsi bayam setelah di masak. Karena bayam mengandung nitrat (NO3) jika teroksidasi dengan udara akan menjadi nitrit (NO2) yang tidak bersifat berwarna, tidak berbau dan tidak beracun.

Karena semakin lama bayam disimpan terutama didalam kulkas senyawa nitrit atau beracun akan terus meningkat. Sehingga racun tersebut akan berdampak pada kondisi sel darah merah.

Sehingga tubuh akan mengalami sesak nafas, batuk-batuk, sakit kepala dan jantung berdetak kencang. Yang paling berbahaya adalah kulit, kuku dan bibir membiru bahkan bisa menyebabkan koma.

Terlalu banyak mengkonsumsi berbahaya karena memiliki efek samping serius diantaranya:

1. Gangguan Perut


Bayam merupakan sumber serat makanan, hanya secangkir bayam yang dimasak saja sudah mengandung hampir 6 gram nutrisi meskipun baik untuk pencernaan yan g sehat namun butuh perlu waktu untuk terbiasa.

Juga bisa menyebabkan gangguan perut seperti pembentukan gas di perut, kembung, kram dan sembelit.

2. Diare


Kasus terburuk yang disebabkan oleh bayam adalah diare karena terlalu banyak mengkonsmsi makanan berserat tinggi, apalagi jika dikonsumsi dengan makanan serat tinggi lainnya bisa menyebabkan demam dan sakit perut.

3. Rematik


Bayam mengandung purin yang meningkatkan asam urat, jika rentan degan penyakit ini hendaknya hentikan mengkonsumsi bayam berlebihan.

Karena bisa menyebabkan nyeri sendiri yang sangat serius juga peradangan dan pembekakan.

4. Anemia


Salah satu efek samping bayam adalah anemia. Karena anemia bisa menyebabkan tubuh menyerap sejumlah zat besi yang dibutuhkan oleh makanan.

Bayam penuh akan zat besi nonheme atau nabati dan tubuh tidak mudah menerimanya serta bisa menyebakan defisiensi besi.

5. Alergi


Terkadang bayam juga bisa menyebabkan reaksi alergi, karena bayam bisa menyebabkan histamin yang dapat menyebabkan beberapa efek alergi.

6. Menyebabkan Batu Ginjal


Bayam mengandung purin, jika mengkonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan asam urat.

Hal ini sangat buruk bagi kesehatan ginjal karena asam urat yang berlebihan. Hal tersebut bisa memicu munculnya batu ginjal berukuran kecil hingga sedang.